7 Ciri dan Gejala Seseorang Menderita Pengapuran Tulang

7 Ciri dan Gejala Pengapuran Tulang Yang Sering Dialami

7 ciri dan gejala seseorang menderita pengapuran tulang – Pengapuran tulang atau dalam istilah medis dikenal dengan osteoarthritis merupakan salah satu jenis penyakit yang umumnya mempengaruhi lebih dari sepertiga orang dewasa, terutama di atas usia 65 tahun.

Kondisi ini tentu saja sangat-sangat mengganggu aktivitas Anda, terlebih bagi Anda yang setiap harinya terbiasa aktif dengan berbagai rutinitas di luar rumah. Tentu saja akan sangat-sangat mengganggu.

7 Ciri dan Gejala Seseorang Menderita Pengapuran Tulang

Pun tak hanya aktivitas yang akan terganggu, Anda juga akan merasakan beberapa gejala menyakitkan yang dapat mengurangi kualitas hidup Anda.

A[a saja ciri dan gejala pengapuran tulang atau osteoarthritis? Simak ulasannya di bawah ini!

7 Ciri dan Gejala Seseorang Menderita Pengapuran Tulang Sendi

Pada umumnya gejala pengapuran tulang dapat terjadi di semua area sendi, akan tetapi yang paling seringialah pada sendi lutut, pinggul, leher, punggung bawah, sendi-sendi kecil di jari-jari, pangkal jempol, serta jempol kaki.

Pun pada setiap orang, gejalanya bisa beragam. Tergantung pada sendi mana yang terkena dan seberapa parah dampaknya.

Akan tetapi, ciri-ciri pengapuran sendi tulang yang paling umum ialah munculnya rasa sakit dan kaku di area persendian, terutama di pagi hari atau setelah bangun tidur.

Mungkin juga terjadi bengkak di sendi yang terkena pengapuran, khususnya setelah lelah seharian beraktivitas.

Berikut ini beberapa gejala umum pengapuran tulang yang biasanya muncul dan bertambah parah secara bertahap, tidak tiba-tiba :

  • Sendi yang lebih menonjol dari biasanya

Pengapuran tulang bisa menyebabkan struktur dari persendian dan tulang di sekitar persendian mengalami perubahan.

Ini karena persendian mengalami pengapuran, sehingga bantalan sendi menipis.

Kondisi ini bisa menyebabkan bentuk tubuh berubah mengikuti sruktur persendian dan tulang yang berubah, sehingga menyebabkan persendian terlihat menonjol dari normalnya.

  • Kaku pada persendian

Pengapuran tulang juga bisa mengakibatkan persendian terasa kaku karena bantalan tulang rawan yang terkikis akan mengurangi fleksibilitas gerak persendian, sehingga persendian akan terasa tegang.

Tak hanya itu, otot di sekitar persendian juga akan lebih lemah dan menurun kinerjanya sehingga akan lebih sulit bagi penderitanya untuk melatih otot tersebut.

  • Muncul suara dari tulang saat bergerak

Tulang sendi yang mengalami pengapuran juga bisa ditandai dengan munculnya suara saat digunakan untuk bergerak, terutama saat Anda bangun dari duduk.

Suara ini pada umumnya berasal dari gesekan antar tulang yang timbul, selain berbunyi ketika berjalan atau digerakkan juga bisa disertai dengan rasa sakit atau nyeri.

  • Kehilangan fleksibilitas dan range of motion

Dikutip dari mediskus.com, menurut CDC, sekitar 80 persen orang dengan pengapuran tulang memiliki beberapa masalah dengan rentang gerak (range of motion).

Seperempat memerlukan bantuan dalam menjalani kegiatan sehari-hari, seperti mandi, memakai sepatu, duduk, berdiri dari kursi, naik tangga, berpakaian, dll.

  • Kelemahan atau lemas pada otot

Orang dengan pengapuran tulang atau osteoarthritis (OA) biasanya harus mengerahkan tenaga ekstra untuk menjalani tugas sehari-hari. Hal inilah yang dapat menyebabkan kelelahan.

Peradangan juga bisa menyebabkan dikeluarkannya mediator kimia yang disebut sitokin, yang juga dapat menyebabkan kelelahan.

  • Pembengkakan7 Ciri dan Gejala Seseorang Menderita Pengapuran Tulang

Munculnya pembengkakan di sekitar sendi merupakan salah satu indikasi bahwa telah terjadi peradangan di area sendi tersebut, yang diakibatkan oleh menipisnya bantalan sendi atau bisa terjadi karena adanya luka dalam akibat pengapuran tulang.

Pembengkakan ini biasanya berwarna lebih gelap ( merah atau biru ) yang jika disentuh akan terasa dingin atau hangat.

  • Nyeri atau rasa sakit pada persendian

Seperti yang telah dikatakan tadi, munculnya rasa nyeri pada area tulang atau sendi yang mengalami pengapuran merupakan tanda paling umum yang sering dialami penderita.

Hal ini dikarenakan persendian memang sedang mengalami proses pengapuran dan menjadi tidak sekuat biasanya.

Jika persendian yang terserang adalah lutut, makan rasa nyeri akan terjadi pada bagian lutut dan sekitarnya. Jika terjadi pada tulang belakang, maka rasa sakitnya akan terasa di leher hingga pinggang.

Rasa sakit ini mungkin pada awalnya akan terasa ringan dan terasa seperti kelelahan biasa.

Akan tetapi seiring berkembangnya waktu, pengapuran tulang bisa semakin parah dan rasa sakitnya pun akan lebih sering terjadi, terutama saat digunakan untuk beraktivitas.

Jika saat ini Anda, atau ada keluarga yang mengalami ciri-ciri pengapuran tulang seperti di atas, ada baiknya tidak untuk mengabaikannya.

Jangan biarkan aktivitas Anda terbatasi dengan adanya gejala pengapuran tulang ini karena tak hanya membatasi gerak sehari-hari saja, pengapuran tulang juga dapat membuat kesehatan jangka panjang terganggu.

Cara Mengatasi dan Meredakan Gejala Osteoarthritis atau Pengapuran Tulang

  1. Jaga berat badan ideal
  2. Olahraga untuk menguatkan otot-otot di sekitar tempat terjaidnya osteoarthritis
  3. Konsumsi obat pereda nyeri
  4. Fisioterapi
  5. Operasi jika memang terapi dengan obat-obatan dan fisioterapi sudah tidak efektif

Demikianlah sedikit ulasan mengenai ciri dan gejala pengapuran sendi yang sering dialami. Semoga dengan adanya informasi ini menjadikan Anda lebih waspada dan memperhatikan apa- apa yang dimunculkan tubuh.

Deteksi penyakit sedini mungkin guna mencegah adanya gejala pengapuran tulang yang lebih parah di kemudian hari.

Posted by : 6 Ciri dan Gejala Seseorang Menderita Pengapuran Tulang on OBAT PENGAPURAN TULANG ALAMI

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. 7 Pantangan Makanan Pengapuran Tulang & Sendi Yang Wajib Dihindari
  2. 6 Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Pengapuran Tulang Sendi
  3. Bahaya Pengapuran Tulang (Osteoarthritis) Jika Tidak Secepatnya Diatasi
  4. Cara Mengatasi Pengapuran Sendi Lutut Secara Alami dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*