8 Tips Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat Rematik

8 Tips Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat Rematik

8 Tips Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat Rematik – Apakah Anda sering mengalami yang namanya kekakuan sendi di pagi hari saat terbangun dari tidur?

Jika ya, baiknya tidak mengabaikannya. Karena apa?

Menurut Spesialis penyakit dalam, dr.Sumariyono, SpPD-KR., sendi terasa kaku di pagi merupakan sebuah tanda bahwa adanya peradangan pada sendi atau salah satu penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis ( RA ) – Dikutip dari viva.co.id

Bliau melanjutkan “Saat ada kaku di beberapa bagian sendi dan terjadi di pagi heri selama minimal 30 menit, maka harus diwaspadai karena saat terasa semakin kaku maka radang bisa saja semakin berat. Penyakit ini berbahaya karena bersifat merusak sendi bahkan hingga cacat.”

8 Tips Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat Rematik

Meski kekakuan pada sendi tersebut dapat mereda dalam beberapa jam, kondisi tersebut tentu sangatlah mengganggu.

Terutama bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas yang harus dilakukan sejak pagi hari.

Namun tidak perlu khawatir, karena di halaman ini Anda akan mendapatkan solusi agar terhindari dari kekakuan sendi di pagi hari. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan sendi yang kaku di pagi hari. Simak ulasannya!

8 Tips dan Cara Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat Rematik

Berolahraga di tempat tidur

Saat setelah terbangun dan merasakan sendi kaku baiknya tidak terburu-buru melakukan aktivitas. Lakukan peregangan dan latihan ringan di tempat tidur lebih dulu, karena hal ini bisa membantu membangunkan otot-otot Anda dan melonggarkan sendi-sendi yang berderit.

Cara melakukan olahraga ditempat tidur saat bangun pagi

  • Regangkan tubuh bagian atas lebih dulu
  • Gerakkan kepala pada kedua sisi untuk merelaksasi bagian leher
  • Secara berurutan lakukan peregangan pada setiap sendi jari tangan, siku, pergelangan tangan dan bahu
  • Lakukan hal sama pada tubuh bagian bawah lainnya seperti sendi jari kaki, lutut, pergelangan kaki, dan pinggul

Anda dapat melakukan peregangan dan gerakan sendi sebanyak yang diinginkan, namun secara perlahan dan lembut. Saat sendi sudah terasa membaik Anda bisa melakukan aktivitas pagi seperti biasanya.

Makan biskuit dan obat, sejam sebelum bangun

Baiknya jika Anda sering merasakan kekakuan sendi di pagi hari, sebelum tidur siapkan obat penghilang nyeri, satu gelas air dan beberapa biskuit di meja dekat tempat tidur Anda.

Kemudian atur alarm agar berbunyi satu jam sebelum waktu bangun biasa. Dan keesokan paginya ketika alarm berbunyi, Anda cukup bangun untuk memakan beberapa keping biskuit diikuti dengan minum obat penghilang nyeri sendi.

Sesudahnya Anda dapat tidur kembali selama satu jam sampai waktu bangun tidur Anda yang biasa.

Mandi menggunakan air hangat

Selain kedua tips di atas, mandi dengan air hangat merupakan salah satu metode terbaik untuk meredakan sendi kaku.

Ini karena suhu panas dapat menyebabkan darah mengalir ke permukaan kulit dan menghangatkan daerah sendi. Untuk itu, Anda bisa berendam di air hangat selama 10-20 menit sembari lakukan gerakan-gerakan sendi dan pijat secara ringan dengan kain atau waslap.

Jika Anda mandi menggunakan shower atau pancuran yang dapat dipegang, arahkan shower ke bagian sendi yang terasa kaku dan nyeri.

Gunakan salep

Mengoleskan salep sembari memijat dengan lembut pada bagian yang kaku bisa membantu meringankan kekakuan dan nyeri sendi.

8 Tips Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat RematikSarapan berkualitas

Sarapan dengan makanan yang ringan namun tetap bernutrisi bisa membantu Anda dalam meringankan sendi kaku di pagi hari.

Seperti dengan mengonsumsi sebutir telur atau yoghurt dengan roti gandum panggang atau semangkuk sereal gandum dan susu. Pilihan sarapan berkualitas ini dapat memberi kalori yang cukup untuk memulai hari Anda.

Seperti yang diketahui bahwa kekakuan sendi di pagi merupa salah satu gejala paling umum dari rheumatoid arthritis yang merupakan penyakit autoimun di mana tubuh Anda menyerang sendi Anda sendiri.

Untuk itu, tubuh membutuhkan energi cukup untuk memperbaiki kerusakan pada sendi.

Hindari stress

Jika Anda penderita rematik baiknya kelola pikiran Anda agar terhindar dari stress, salah satu caranya adalah dengan melakukan meditasi di pagi hari sebelum beraktivitas.

Olahraga rutin dan teratur

Menderita masalah tulang atau sendi membuat olahraga terasa begitu berat, terutama ketika rasa sakit kambuh, sendi akan terasa sangat nyeri hingga sulit untuk digerakkan.

Namun justru yang harus Anda tahu, bahwa olahraga dapat meringankan sendi kaku terjadi di pagi hari. Asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Hindari memberi beban pada sendi yang nyeri, dan coba gerakkan sendi lain yang dapat digerakkan.

Contohnya dengan berjalan selama 15-20 menit sehari dapat memperkuat otot yang menyokong sendi.

Melakukan peregangan dan gerakan ringan pun dapat mencegah sendi Anda dari kelemahan dan kekakuan.

Mengonsumsi obat herbal

Tips untuk meringankan sendi kaku dan nyeri di pagi hari yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat herbal secara rutin dan teratur.

Salah satu obat herbal yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi penyakit ini hingga tuntas dan tanpa efek samping adalah dengan obat herbal walatra sehat sendi ( SEN-UL ) yang terbuat dari 100% bahan herbal alami dengan khasiat nyata.

Sudah banyak penderita gangguan tulang dan sendi yang sembuh dengan rutin mengkonsumsi obat herbal ini. Mungkin selanjutnya Anda.

Baca juga : Penyebab sendi kaku dan sulit digerakkan di pagi hari

Demikian sedikit informasi sederhana mengenai tips meringankan sendi kaku di pagi hari akibat rematik atau penyakit tulang dan sendi lainnya yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya…

Posted by : 8 Tips Meringankan Sendi Kaku Di Pagi Hari Akibat Rematik on Obat Pengapuran Tulang dan Sendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*