Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Pengapuran Tulang Sendi

Inilah 3 Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Pengapuran Tulang Sendi

Obat pengapuran tulang – Sebagian orang yang mengalami pengapuran tulang atau sendi tentu akan merasa malas dan enggan untuk melakukan rutinitas seperti biasanya, apalagi olahraga!

Ini karena pengapuran tulang atau sendi yang terjadi sudah sangat menyiksa, apalagi di bawa olahraga!

Namun jangan salah! Justru, orang dengan pengapuran tulang dan sendi juga memerlukan olahraga demi menunjang pengobatan yang dilakukan dan mendapatkan kesembuhan dari penyakit mengganggu dan menyakitkan tersebut.

Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Pengapuran Tulang Sendi

Lantas, apa olahraga yang cocok dan tepat untuk penderita pengapuran tulang dan sendi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Pengapuran Tulang Sendi

Ya, pengapuran tulang atau lebih dikenal juga dengan istilah osteoarthritis ( OA ) ini salah satu penyebab terjadinya adalah karena melakukan olahraga yang terlalu berat.

Untuk itu, tak sedikit dari penderita pengapuran tulang yang enggan melakukan olahraga karena mereka fikir dengan olahraga akan semakin memperparah kondisi pengapuran tulang yang dialami.

Ini justru merupakan acuan yang salah, karena ternyata berolahraga juga penting dilakukan bagi penderita pengapuran. Untuk mengetahui dosis olahraga yang diperlukan baiknya Anda mendapat persetujuan dokter yang menangani Anda terlebih dulu.

Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, seperti berjalan, berenang atau bersepeda.

Anda dapat melakukan ketiga olahraga tersebut 3x dalam seminggu, ini diyakini akan memaksimalkan proses penyembuhan yang sedang Anda jalani.

Berjalan

Meskipun berjalan melibatkan lutut, namun olahraga ini merupakan olahraga yang minim risiko bagi Anda penderita nyeri sendi lutut atau pengapuran tulang.

Karena apa? Berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti misalnya ketika berlari.

Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Pengapuran Tulang Sendi

Berenang

Tahukah Anda? Jikalau berenang dapat membuat lutut melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya dalam menopang berat badan dan pada waktu yang sama menyebabkan seluruh tubuh ikut bergerak.

Namun Anda juga harus tetap memperhatikan pemilihan gerakan renang.

Boleh berenang dengan tempo cepat sebagai usaha untuk menyehatkan tubuh, tetapi hindari gerakan yang terlalu memfokuskan pada gerak lutut, seperti gaya dada.

Bersepeda

Bersepeda juga merupakan salah satu olahraga low impact ( bentuk aktivitas fisik yang tidak memberi tekanan berat pada bagian tubuh ) untuk lutut.

Ini karena, bersepeda tidak meningkatkan kadar stres pada lutut. Asalkan ketika melakukan olahraga bersepeda tidak memilih jalan yang mendaki dan terlalu curam. Utamakan memilih jalan landai.

Meskipun saat ini Anda sedang mengalami pengapuran tulang sendi, bukan berarti harus berhenti bergerak, terlebih jangan berhenti olahraga.

Karena olahraga tetap harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Asalkan jangan terlalu memforsirnya sehingga melukai tulang dan sendi yang memerlukan banyak perhatian.

Lakukan ketiga olahraga tersebut ketika tulang dan sendi tidak sedang sakit.

Demikianlah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk Anda penderita pengapuran tulang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk lebih giat dan tidak malas lagi berolahraga meski sedang mengalami pengapuran tulang sendi.

Dan untuk lebih memaksimalkan hasilnya, Anda bisa mengimbangi olahraga dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita pengapuran tulang, berserta mengetahui apa yang menjadi pantangannya.

Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan membantu.

Posted by : Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Pengapuran Tulang Sendi

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bahaya Pengapuran Tulang (Osteoarthritis) Jika Tidak Secepatnya Diatasi
  2. Ini Sebabnya Pengapuran Tulang Lebih Rentan Dialami Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*