Ini Sebabnya Pengapuran Tulang Rentan Dialami Perempuan

Ini Sebabnya Mengapa Pengapuran Tulang Lebih Rentan Dialami Perempuan Ketimbang Laki-Laki

Penyebab Pengapuran Tulang Lebih Rentan Dialami Perempuan – Umumnya pengapuran tulang atau dikenal dengan osteoarthritis ini identik dengan penyakit orang tua.

Namun jika dilihat dari pola hidup atau kebiasaan orang saat ini, tak dapat di pungkiri bahwa osteoarthritis dapat menyerang orang dengan usia muda.

Ini Sebabnya Pengapuran Tulang Rentan Dialami Perempuan

Dikutip dari viva.co.id, bahwa pengapuran tulang menjadi salah satu permasalahan terbanyak nomor dua setelah penyakit kardiovaskular. Pengapuran tulang/osteoarthritis juga lebih rentan dialami oleh kaum perempuan dibanding laki-laki.

Ujar spesialis tulang, dr. Adib Khumaidi SpOT, dalam peluncuran program Sayangi Sendi, di kawasan Menteng, Jakar mengungkap bahwa “Faktor yang menyebabkan pengapuran tulang ialah usia dan gaya hidup. Pada usia lanjut, tercatat jumlahnya pada wanita tiga kali lebih banyak dibanding pria.”

Perempuan usia lanjut rentan mengidap pengapuran tulang karena menopause yang berkaitan dengan hormon estrogen yang semakin menurun pada tubuh wanita menopause.

“Hormon estrogen itu kan yang melindungi wanita, salah satunya sendi. Saat estrogen menurun, densitas massa tulang untuk absorbsi kalsium ikut menurun, sehingga sendi akan kekurangan cairan,” Jelas dr. Adib Khumaidi Sp.OT

Sendi yang tidak mendapat asupan carian akan mengalami pengapuran. Namun sayangnya, hal ini sulit untuk dihindari karena akan secara ilmah terjadi pada hormon di tubuh.

Kalaupun mau ditangani, bisa dengan terapi hormon estrogen. Tetapi itu juga butuh dicek dengan jeli apakah betul-betul dibutuhkan atau tidak.

Sedangkan menurut Dr Franky Hartono, Sp.Ot dari Siloam Hospitals mengatakan, survei terhadap pasien rawat jalan di poli orthopedi menunjukkan angka perbandingan keluhan tulang pada perempuan dan laki-laki sebesar 4:1.

Menurut bliau, fenomena ini disebabkan pengaruh hormonal serta risiko over-weight yang biasa dialami kaum perempuan.

“Otot perempuan kan lebih lemah,” Ujarnya seusai seminar bertajuk “Pinggang Kecetit dan Dengkul Kopong” di Jakarta, Sabtu (27/2). Hal ini semakin menjadi saat perempuan memasuki usia menopause di mana tulang-tulang rapuh. Dalam kondisi ini, kinerja tulang rawan dan sendi melemah sehingga lebih mudah terkena pengapuran,”turu dr Franky ( lifestyle.kompas.com/read/2009/02/28/ )

Mencegah datangnya penyakit ini memanglah sulit, Tetapi Anda disarankan untuk olahraga guna menguatkan otot-otot di sekitar paha.

Baca : Olahraga yang tepat untuk penderita pengapuran tulang

Dan apabila Anda sudah merasakan sakit, atau gerak menjadi terbatas, karena lutut kaku, sendi bengkak dan lemah, baiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Atau untuk mengatasi / meringankan gejala dari pengapuran tulang, Anda bisa merubah gaya hidup Anda dengan:

  • Olahraga secara teratur, guna menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran ( olahraga secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan).
  • Mengurangi berat badan, jika Anda memiliki kelebihan berat badan.
  • Kompres menggunakan air panas atau dingin, guna mengurangi bengkak dan peradangan, serta melemaskan otot dan mengurangi rasa nyeri.

Demikianlah informasi seputar penyebab pengapuran tulang lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak sampai habis, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dan menjawab rasa ingin tahu Anda terkait perempuan rentan terhadap osteoarthritis dibanding laki-laki.

Sampai jumpa di artikel berikutnya…

Posted by : Ini Sebabnya Pengapuran Tulang Rentan Dialami Perempuan on Obat pengapuran tulang

Baca juga :

Tanaman obat untuk meringankan gejala pengapuran tulang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*