Penyebab Sering Mengalami Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah

Penyebab Sering Mengalami Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah

Penyebab Sering Mengalami Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah – Seiring bertambahnya usia akan semakin banyak penyakit yang menghampiri jika Anda tidak panda-pandai menjaga kesehatan di usia muda.

Terlebih jika di usia muda Anda termasuk orang yang super sibuk dengan berbagai aktivitas dan tak jarang melupakan pola hidup sehat seperti jarang olahraga, makan sembarangan, makan tidak teratur, dan lain sebagainya.

Kondisi ini tentu saja sangatlah mengganggu, mengingat tulang belakang yang sering sakit akan membuat Anda merasakan ketidaknyamanan dan merasa kualitas hidup Anda berkurang.

Penyebab Nyeri Tulang Belakang Bawah

Usia yang memasuki paru baya juga semakin mempengaruhi kualitas atau kepadatan tulang Anda, sehingga tak dapat di elakkan lagi jika Anda merasa terganggu dengan adanya kondisi nyeri pada tulang belakang bagian bawah ini.

Selain usia, tentu saja ada banyak sekali faktor yang dapat meningkatkan Anda mengalami sakit tulang belakang. Apa saja penyebabnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Sering Mengalami Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah

Nyeri tulang bagian belakang merupakan rasa sakit atau kekakuan yang timbul sepanjang tulang belakang yang umumnya disertai dengan nyeri dan kaku pada otot.

Rasa nyeri ini muncul akibat ada sesuatu yang terganggu pada persendian, cakram, saraf tulang belakang atau otot saat bergerak dan beraktivitas.

Penyebabnya tentu saja sangatlah beragam, berikut beberapa di antaranya:

  • Gaya hidup tidak beraturan

Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti halnya jarang olahraga, memiliki berat badan berlebih, memakai sepatu berhak tinggi (high heels pada wanita), merokok, sering mengangkat benda-benda berat, dan sering membungkuk bisa menjadi awal mula Anda mengalami sakit tulang belakang bagian bawah.

Jika tidak ingin merasakan sakit di bagian punggung di kemudian hari, baiknya ubah gaya hidup Anda sekarang sebelum menyesal dikemudian hari ketika berbagai jenis penyakit layaknya nyeri tulang belakang menyerang.

  • Stres

Stres memang berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan, termasuk masalah kesehatan tulang.

Stres dapat menyebabkan otot punggung yang seharusnya mendukung tulang belakang malah membuat tegang dan melemah.

Biasakan berfikir positif dan selalu optimis dalam menjalani pahit manisnya hidup,agar kondisi kesehatan Anda membaik dan tidak memicu hal-hal serius yang tidak diinginkan.

  • Mengalami ketegangan otot ( muscle strain )

Ketegangan otot atau dikenal juga dengan keseleo sering kali terjadi saat Anda mengangkat benda berat dengan posisi salah atau gerakan tiba-tiba. Aktivitas berlebihan saat bekerja juga bisa memicu ketegangan pada otot yang membuat tulang belakang bagian bawah Anda sakit.

  • Trauma langsung atau kecelakaan

Kecelakaan ketika mengendarai motor atau mobil, terjatuh, patah tulang akibat pukulan, atau karena tertimpa benda berat juga bisa menjadi penyebab sakit tulang belakang.

  • Adanya gangguan pada struktur tulang belakang

Seperti halnya masalah pada cakram tulang belakang, skoliosis, artritis (radang tulang dan persendian), serta osteoporosis ( pengeroposan tulang ).

  • Kondisi medis tertentu

Penyebab lain nyeri tulang belakang bawah juga bisa diakibatkan oleh kondisi penyakit tertentu, di antaranya seperti adanya penyempitan kanal tulang belakang (stenosis spinal), infeksi jamur dan bakteri pada tulang belakang, hilangnya fungsi saraf pada sumsum tulang belakang bagian bawah, degeneratif spondylosthesis, dan kanker pada tulang belakang.

Untuk memastikan penyebab nyeri tulang belakang bagian bawah, baiknya Anda lakukan pemeriksaan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Mengingat pengobatan nyeri tulang belakang bagian bawah bergantung pada apa yang menjadi penyebabnya.

Untuk itu, jangan ragu untuk membawa diri Anda ke dokter jika tidak ingin masalah serius terjadi pada tubuh Anda.

Atau jika Anda merasa sudah berobat menggunakan obat dokter tetapi belum jua ada hasilnya bisa mencoba beberapa cara alternatif untuk meringankan rasa sakit tulang belakang bagian bawah, seperti halnya dengan melakukan yoha dan akupuntur.

Namun ingat, selalu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum menjalani pengobatan dengan metode ini.

Demikianlah sedikit informasi perihal penyebab sering mengalami nyeri tulang belakang bagian bawah. Semoga dengan adanya informasi ini menjawab rasa penasaran Anda dan tidak lagi melakukan hal-hal yang meningkatkan risiko terjadinya sakit pada tulang belakang.

Sumber : https://mediskus.com/ , https://www.alodokter.com/

Posted by : Penyebab Sering Mengalami Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah on obat pengapuran tulang alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*